Home > tentang adsense > Istilah-Istilah dalam AdSense
Istilah-Istilah dalam AdSense
Istilah-Istilah dalam AdSense
Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.
Ad Units
Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content
AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
Related Post
Category Article adsense, istilah, tentang adsense
My Blog List
terpopuler
-
Bagaimana cara merubah file pdf ke format lain seperti text , microsoft word dan lain-lain. Dengan menggunakan Wondershare PDF Converter kit...
-
Dalam kesempatan tips n trik kali ini bersumber dari blogwalking kesana kemari, yang tidak sengaja saya kunjungi sewaktu lagi mencari tips n...
-
Bagi Anda yang suka membaca e-book dalam format pdf (Acrobat Reader) dan saat akan mencoba meng-copy teks untuk di paste di tempat lain (m...
-
perangkat lunak pemulihan data terbaik untuk melakukan pemulihan format, unformat dan memulihkan file dihapus dikosongkan dari Recycle Bin a...
-
Angry Birds, pertama kali dikembangkan oleh Rovio untuk iOS di Desember 2009. Namun semenjak dirilis untuk versi Android, iPhone dan pla...
-
Salah satu alasan kenapa search engine yg ada sebelum Google menurun popularitas dan kegunaannya adalah munculnya Paid Listing. Di mana sea...
-
Bagaimanakah cara menampilkan kode html , xml, dll? kita bisa menggunakan jasa HTML Code Parser HTML Code Parser - Hal pertama yang har...
-
Kata para blogger yang bijak, jika ingin tulisan blog kita dibaca orang maka tulislah apa yang populer saat ini. Sebenarnya hal itu adalah l...
-
++++++++++++++ DOWNLOAD NOW ++++++++++++++ Squid adalah sebuah daemon yang digunakan sebagai proxy server dan web cache. Squi...
-
Jika Anda memiliki blog yang populer, hal berikutnya yang penting adalah mengukur jumlah pengunjung yang datang ke blog Anda/ trafik b...
Recent Posts
arsip blog
-
▼
2011
(20)
-
▼
August
(13)
- SQUID Proxy for Windows
- Cara Membuat Related Post / Postingan Terkait Pada...
- Cara Pasang Tombol Paypal Donate (Donasi) Paypal d...
- cara menampilkan kode html di postingan blog
- Membuka Proteksi Copy Paste File PDF
- Cara menggunakan PDF Converter
- Membuat Daftar Isi Blogger / Blogspot Otomatis Te...
- Cara Menyimpan kode javascript di google
- Istilah-Istilah dalam AdSense
- Kebijakan program AdSense : larangan Google yang h...
- Mengetahui kata kunci Paling Banyak Dicari Orang d...
- Mendapatkan penghasilan online Bagi Pemula dari Mi...
- Optimisasi Penghasilan AdSense
-
▼
August
(13)
Buku Tamu
Download
Blogger Tricks
Blogger Themes
Text
About
kategori
- adobe
- adsense
- angry bird
- aplikasi
- blogger
- daftar isi
- data
- donasi
- download
- Download. aplikasi
- Easeus Data Recovery
- google tools
- image
- insight
- istilah
- kata kunci
- kebijakan adsense
- kode parser
- microworkers
- optimalisasi adsense
- paypal
- pdf converter
- PDF unlocker
- penghasilan online
- postingan terkait
- Proxy
- recovery
- search engine
- SEO
- SQUID
- SQUID Proxy
- statistik
- tentang adsense
- tips
- Tips Blogspot
- tools
- trik blogger
- Windows